Wednesday 25 March 2015

naskah drama lucu, komedi, naskah drama anekdot



Judul :Perjalanan hidup Cak Rico
Zikul adalah orang yang sangat supel namun gokil, hari harinya dilalui penuh optimisme usaha , tetapi hidupnya juga santai dan penuh komedi.
Pagi hari yang cerah, ayam jantan berkokok, tapi tiba tiba kokok ayam itu terhenti karena ayam yang berkokok lupa teksnya, atau mungkin Rico menyambarnya untuk dibuat sarapan.
Rico : (menguap) wuuaaahhhhh, hoooeekkkkk, ada cicak masuk dimulutku nih, hoooeeekkk. Harus cepet cepet cari air putih  biar bisa telan cicak ini, masa saya harus mati gara gara keselek cicak.
Bibi : ada apa mas, pasti sarapanya nelan kingkong lagi ya, um, nih dek bibi bawakan air minum.
Rico : makasih bi, waduh sarapan cicak udah kenynang nih bi.
Tapi tiba tiba ada suara panci sangat nyaring bersahutan diselingi kokok ayam, itu menimbulkan pertanyaan di hati Rico. Ia pun bertanya pada bibi.
Rico : bi itu yang bersuara nyaring siapa ya ?
Bibi : oh itu mas Bejo lagi mau bikin opor ayam, tapi ayamnya ngambek nggak mau dibikin opor.
Rico : oh ya udah bi saya mau berangkat ke sekolah dulu pake becak bertenaga Surya.
Bibi : wuih keren becak aja pakai solar cell
Rico  : enggak bi, itu kebetulan aja yang bawa becaknya namanya Surya, kalau yang bawa Cak bejo pasti namanya becak tenaga bejo, becak tenaga sukri, sukro dan sebagainya.
Bibi : wah Cak Rico bisa aja, yaudah berangkat dulu nanti letooyyy lhoo.
Rico : maksud bibi terlambat mungkin, yaudah bi Rico berangkat dulu. Tapi bernagkatnya gak jadi naik becak, jalan kaki saja.
Tetapi di perjalanan rico kaget karena ada banci gila yang mengaku ngaku sebagai ibunya.
banci: (dengan nada memlas)nak, tolong lah nak akuilah aku sebagai   ibumu nak,jangan kau lupa kepadaku nak.                                                                                                                                                            Rico  :  sampai lebaran kingkong atau sampai kiamat banci pun aku tak sudi untuk mengakui kau sebagai ibuku.                                            
 banci :  kenapa nak apa salah yang ibu perbuat sampai kau tidak mau mengakui aku sebagai ibumu         nak,ingat nak aku yang melahirkanmu.
Rico : karena kau adalah seorang laki laki, kau tidak melahirkanku, itu hanya mitos.  Dari h
Banci : (menyanyi lagu serina) pergilah kau pergi dari hidupku, bawalah semua recehanku. Dan bas kotak ku.
Setelah itu Rico meninggalkan banci itu sendirian dan pergi sekolah, ditengah jalan ia bertemu dengan 2 orang batak, dan mulai berbincang bincang.
Rico : mas kalau boleh tahu, namanya siapa ya mas?
Raja singa: kenalkan, saya andi dari marga rajasinga
Sinaga :  kalau saya saktiawan, dari marga sinaga
Rico : (bicara dalam hati) waduh mereka punya nama nama yang sangar dan keren, ah, aku harus mengarang nama agar mereka terkesan denganku.
Sinaga : kalau nama mas sendiri siapa, saya tadi belum kenalan
Rico : (timbul ide untuk mengarang nama), kenalkan saya ular sawah.
Setelah puas berbincang bincang dengan kedua orang itu akhirnya Rico bergegas menuju sekolah dan dia masuk kelas dengan santai.
 Aji: whee bagaimana kabarmu, masih hidup saja bro sampai hari ini,
Rico : ya jelas masih hidup, kalau sudah mati nanti kuburanya dekat makam pahlawan, dengan titel pahlawan kepagian hahahahahaha.
Aji : bisa saja kamu ini, oh ya kemarin saya ada berita waktu bulan puasa. Diduga tidak kuat menunggu adzan magrib seorang kakek nekat adzan sendiri.
Rico : wah sudah gila kakek itu.
Aji :  aku punya berita lagi bro, terjadinya kecelakaan pemudik 2013 banyak disebabkan oleh mata mengantuk, akhirnya dihimbau untuk semua pemudik tahun depan untuk tidak membawa matanya waktu mudik.
Kriiinnngggg  beel masuk telah berbunyi, tanda tukang bakso mau lewat. Oh bukan, tanda bel masuk sudah berbunyi. Pelajaran pertama adalah kimia.
Pak guru : keluarkan buku kalian ( sambil mebawa pistol). Kalau tidak saya lucuti kalian satu per satu (modus).
Aji : wah modus pak pengin lihat anak yang cantik cantik itu pak guru.
Pak guru : sudah sudah, keluarkan saja buku kalian. Kalau ada pertanyaan tentang kima bisa ditanyakan.
Rico : (mengangkat tangan) pak saya kurang paham tentang aplikasi materi asam dan basa pak.
Pak guru : ya silahkan apa pertanyaanmu.
Rico : pak kan kalau asam bila bereaksi dengan basa itu kan akan menjadi netral pak? Lha sabun itu kan bersifat basa, dan penyakit mag itu akibat terlalu banyak asam lambung, jadi kalau kita mag kita makan sabun ya pak.
Pak guru : (kesal )saya sambit kamu pakai pocong.
Kriiinnngggg jam pelajaran kima berganti dengan pelajaran biologi, lagi lagi Cak rico membuat ulah.
Pak Guru menjelaskan bahwa ikan paus bernafas menggunakan paru paru. Ikan paus memiliki tubuh yang sangat besar bahkan bisa sebesar rumah, namun demikian ikan paus hanya memakan plankton dan ikan ikan kecil. Dan terdapat jaringan lemak di paus untuk melindungi panas tubuhnya:

Rico  : "Berarti manusia juga bisa dimakan ikan paus ya,..pak,..?"
Pak Guru : "Oh,..tidak,..ikan paus meskipun tubuhnya besar tapi memiliki kerongkongan yang sempit, karena itulah ikan paus tidak bisa menelan manusia dan hanya makan ikan kecil dan plankton." (Kata Pak Guru menjelaskan)
Rico : "Tapi pak,..Nabi Yunus pernah ditelan oleh ikan paus,..?"

Pak Guru terlihat sangat kesal atas protes rico kemudian kembali menjelaskan 

Pak Guru : "Sekali pak guru jelaskan anak anak,..ikan paus meskipun tubuhnya besar tidak dapat menelan manusia karena memiliki kerongkongan sempit!!!"

Ternyata sang murid  tidak bisa menerima penjelasan gurunya, kemudian dia berkata lagi pada pak guru

Rico : "Nanti kalau saya masuk surga akan saya tanyakan sama nabi yunus pak,.." 
Pak Guru : "Bagaimana kalau dia masuk neraka???" (Mulai marah,....) 
Rico  : "Kalau begitu bapak saja yang nanya,...." 
Pak Guru : "!!!!@@##$$%%$#@@#$%!!!!!"  Rico, kamu keluar sekarang cuci muka kamu pakai air rendaman ikan asin zimbabwe di belakang
Rico : ok pak
Di kamar mandi belakang rico mulai berbincang bincang dengan bintang tentang orang orang zimbabwe yang memakai v neck,
Rico : bayangkan aja ya orang orang hitam zimbabwe itu memakai v neck, wah pasti kulitnya yang hitam yang full bolot itu akan ngecap di kaosnya.
Bintang : ya bayangin aja itu orang udah hitam, mata merah menyala rambut kriting, lalu membuat sebuah boyband.
Rico : ha itu bukan mirip boyband itu mirip preman habis mabok.
Bintang : ha ha ha saya yang membuat mereka mabuk, karena nama saya , bintang, merk bir.
Rico : bisa aja kamu, oh ya minggu depan ikut tur ya ke bali
Bintang : ok tapi naiknya becak tenaga surya ya.
Rico : hahah bisa sengkleh kaki Cak surya, yaudah aku masuk kelas dulu.
Setelah pelajaran kelas selesai, akhirnya Rico pulang dengan membawa satu kantong berisi tugas yang harus dikerjakan, mewawancarai orang yang demo mogok makan karena tanahnya digusur, karena tidak mau berlama lama menanggung tugas itu maka ia langsung ke lokasi kejadian untuk wawancara.
Rico : pak apa yang menyebabkan bapak melakukan mogok makan di tempat ini, bisa tolong anda jelaskan alasanya?
Pendemo : ( perasaan kesal) ya saya di sini mogok makan karena tidak mendapatkan ganti dari pemerintah
Rico : lho kan sudah ada ganti rugi dari pemerintah supaya bapak bisa membeli rumah baru lagi.
Pendemo : lho saya nggak mau, ini diganti kok malah rugi, saya maunya ganti untung
Rico : pak kan sudah ada tukar tanah/tukar guling untuk pindah ke tempat lain,
Pendemo : walaupun saya dapat tukar guling, bantal dan ranjang ranjangnya saya tidak mau.
Rico : (melihat ada sisa nasi) lho pak ini apa ? kok ada sisa nasi? Katanya mogok makan pak
Pendemo : lho ini bekas saya tadi sarapan, kan saya tadi bilangnya mogok makan bukan mogok sarapan.
Rico : ohh  jadi mogok makan harus tetep sarapan ya pak biar tetep sehat? Mogok makan gila.
Setelah selesai tugas pertama rico pergi ke rumah sakit dan tidak tahu alamatnya.
Rico : permisi mas saya mau naya kalau pasarnya mana mas,
Orang asing : di situ lurus aja lalu belok kanan.
Rico : kalau rumah sakit itu lewat jalan mana ya pak, lalu rumah sakit terdekat di mana ya.
Orang asing : ah banyak tanya kamu, kalau mau ke rumah sakit gampang, tinggal kamu berdiri di tengah jalan ini lalu tunggu mobil tabrak kau, sampai sudah rumah sakit.
Rico : serius pak. Terim kasih pak.
Akhirnya rico sampai rumah sakit ternyata itu RSJ dan dia merekam percakapan antara dokter dan pasien.
Dokter:  anda sudah lama di rumah sakit jiwa ini, jika anda sudah keluar dari rumah sakit ini apa                                                                                                                                             tujuan anda nanti.
Pasien Gila : saya nanti mau kerja dokter lalu saya  beli mobil, ban mobilnya saya lepas, say keluarkan karetnya lalu saya bikin ketapel.
Dokter  : wah ini orang masih gila, anda masih harus dirawat di rumah sakit ini.
Pasien Gila : aduh dokter, kalau saya tidak keluar dari sini, kaos dokter akan saya lepas, saya ambil karetnya lalu saya bikin ketapel,
Dokter : ahhh sudah kalau kamu masih macam macam aku ketapel kamu pakai koteka.
Rico telah selesai dengan tugas dan tour di hari minggu Rico terlaksana.
Aji : tour yang seperti ini sudah mainstream kawan, cobalah dengan tour yang tidak biasa, misalnya tour ke luar angkasa , lalu ketemu alien. Kita  salam lalu di jawab puxxeersersks.
Rico : paling enak tour ke papua, kita bisa main bola sama kasuari dan babi hutan. Lalu menyelam cari mutiara untuk peluru ketapel.
Aji : oh ya, kita mumpung disini ayo cari bunga, buat oleh oleh waktu kita pulang nanti.
Rico : kalau cari bunga di rumahku banyak bunga, mau mawar, kamboja atau kemenyan ada di rumahku.
Aji : beda ini bukan bunga biasa, ini bunga desa, kan lumayan buat oleh oleh.
Rico : ah ngawur kamu. (melihat jam), sudah siang nih, di kota ini kita mampir ya makan di KFC
KFC : pesan apa dik? Ada yang bisa dibanting, oh keliru maksudnya dibantu?
Rico : mbak pesen ceker ayam ada?, sama pesen rujak cingur satu, es teh manis 2. Gak pake lama dan gak pake merica.
KFC : mas ini Kfc bukanya warteg. (sambil mengeluarkan shotgun siap siap menembak)
Rico : ji pergi yuk dsri sini ok hehehehehehe.
Aji : orang sekarang itu aneh aneh bro, masa dia bunuh diri minum baigon lalu bahagia bahagia.
Rico : ada ada saja kamu, ini aku bawakan makanan yang paling spesial. Sego otot dan oseng  oseng kuda nil, dijamin mantab
Rico : eh bro ngomongin soal setan yuk
Aji : isa aya bro, o
Rico : iya bro kamu pernah lihat acara dunia lain gak? Masa ada orang kesurupan macan, buaya, kera. Tidak ada yang kesurupan hewan air , pasti hewan darat semua. Coba kalau ada yang kesurupan ikan sapu sapu (ikan pembersih kaca), kan enak.
Aji : iya orang yang kesurupan masukkan aja ke kolam, i menit bersih tu kolam di seruput sama ikan pembersih kaca.
Rico : iya ya, terus aku ini juga heran, masa setan di indonesia sukanya pakai warna putih? Nggak mau pakai wana rainbow cake gitu, atau polkadot biar seru.
Aji : ya aku  ada saran ya, bagaimana kalau pocong di indonesia pakai kain pembungkusnya diganti warna hijau pasti asik.
Rico : terus judul film setan di indonesia berubah dong, tali lontong perawan gitu, bakcang ngesot, atau mungkin lemper versus kuntilanak gitu.
Aji : ok habis makan terus pulang ya, sekian aja tournya.
Rico : ok kawan,  eh tapi sebentar(melihat orang mabuk sempoyongan)
Suasana pun menjadi tegang, karena orang gila itu semakin mendekat dan mendekat. Handpohone aji dan rico pun kehabisan baterai .
Rico : (keluar keringat) bagaimana ini ???, haduh saya tidak punya senjata ini ? salah saya ini mengajak aji jalan jalan. Ditambah suasana jalan sedang sepi.
Aji : sudah sudah jangan menyesali perbuatan yang sudah terlanjur di lakukan, sekarang lebih baik mencari solasi ehh solusi untuk permasalahan ini.
Rico : bagaimana ya ???? yasudah aku akan hadapi saja orang yang mabuk itu.
Aji : jangan kekerasan itu tidak akan bisa menyelesaikan masalah
Rico : terus saya harus bagaimana ?

Aji : ayo kita goda itu orang mabuk, cari gara gara biar greget. (menyapa dan menujuk ke arah kotoran hewan). Mas mas, tahu nggak itu batu apa tahi.
Orang mabuk : itu seperti batu ? tapi tahi. Depe batu martahi.
Aji : sudah bang cek saja, kan gak ada salahnya kalau di lihat dari dekat.
Orang mabok : saya nggak yakin ini tahi, tapi ini juga bukan batu(memegang benda tersebut), aduh ini bukan batu tapi tahi.
Aji : o tahi bang? makasih ya bang.
Tiba tiba aji melihat orang yang mabuk tadi tidur di got. Ternyata dari pengalaman mereka, mereka bisa menyimpulkan bahwa bahagia bisa ditemukan di man saja termasuk di got. Terima kasih telah membaca dan tunggu pengalaman Cak Rico berikutnya.

jual souvenir lucu cocok untuk pernikahan,sweet 17, hadiah lomba,giveaway, chek on instagram artistik 28. cp : H. Rohani 08123002512, atau manager marketing cp : 081333616433

No comments :

Post a Comment