Thursday 29 October 2015

Implementasi Pancasila Dalam Perguruan Tinggi



Implementasi Pancasila Dalam Perguruan Tinggi
Oleh: corbanims

Sila pertama :  ketuhanan yang Maha Esa.
Adanya organisasi Islam yang didirikan mahasiswa. Seperti UKKI(unit kegiatan kerohanian islam). Dan adanya kegiatan yang berhubungan dengan hari besar agama lainya. Juga aksi mendukung adanya gerakan agama namun yang berbasis NKRI. Perguruan tinggi, dalam hal ini universitas, selalu mengajarkan pelajaran agama yang berbasis NKRI. Adanya penerapan sila pertama ini juga diwujudkan dengan adanya kelompok mahasiswa yang mengikuti atau menjadi anggota dalam sebuah organisasi islam yang selalu menjunjung tinggi NKRI tanpa harus mengurangi akidah yang ada, seperti banser anshor, pemuda muhamadiyah, pemudi muhamadiyah, fatayat NU.
Sila kedua : kemanusiaan yang adil dan beradab.
Jika sudah masuk pada konteks kedua ini, tentu sudah tidak asing lagi. Karena pada sila ini sudah bayak contohnya, sepertti kegiatan bakti sosial membagikan masker pada warga riau dan sekitarnya. Bakti sosial bencana alam. Sukarelawan membantu tim sar dalam menyelamatkan korban bencana alam. Juga dengan menunjukan etika ketimuran dalam seluruh aktifitas dengan membiasakan senyum, salam dan sapa. Dan tidak pernah melupakan jasa para pahlawan dengan cara berziarah di taman makam pahlawan. Kebiasaan dalam berziarah di taman makam pahlawan ini biasa dilakukan oleh mahasiswa UPN VETERAN JAWA  TIMUR. Kampus yang terletak di sekitaran kawasan gunung anyar. Dan juga dikenal sebagai kampus bela negara.
Sila ketiga : persatuan Indonesia.
Pada point ini bisa dengan adanya aplikasi gotong royong. Maupun acara senam bersama yang akan menciptakaan solidaritas antar individu dalam suatu bangsa. Di dalam kampus UPN VETERAN JATIM gununganyar. Selalu mengadakan gotong royong. Baik dalam membersihkan lingkukngan, maupun penghijauan dengan menanam seribu pohon di lokasi UPN VETERAN JATIM. Gununganyar. Juga ada kebiasan bagus di UPN. Yaitu dengan memberi hormat dan mengucapkan salam pada dosen sebelum dan sesudah pelajaran atuau mata kuliah berlangsung. Juga dengan adanya wajib upacara bagi mahasiswa semester 3 maupun semester 5. Tetapi saya merasa salut dengan mahasiswa UPN veteran yang baru/maba. Dengan status UPN yang sudah PTN. Membuat para mahasiswa baru lebih antusias dalam mengikuti segala upacara. Walaupun sebenarnya tidak wajib bagi mahasiswa semester 1
Sila ke empat : kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan :
Adanya organisasi mahasiswa dalam setiap perguruan tinggi. Merupakan wadah bagi para mahasiswa di perguruan tinggi. Juga dengan adanya ormawa akan menambah wawasan dalam berdiskusi bagi setiap mahasiswa. Adanya etika berpendapat juga merupakan adanya aplikasi pancasila dalam sila ke 4. Aplikasi lainya adalah selalu diadakan diskusi dalm setiap mata kuliah. Ini membuat wawasan dan kemampuan kita dalam berpendapat, berteori maupun menerapkan aplikasi dari teori itu lebih matang dan lebih akurat. Penerapan dalam sila ini juga bisa dengan aksi damai mahasiswa dalam rangka mengrkitiki pemerintah. Jadi mahasiswa sekarang tidak hanya pandai berdemo, melainkan harus pandai dalam menulis artikel, maupun bentuk karya tulis lainya untuk bisa mengkritik pemerintah dengan cara halus. Adanya peran dirjen dikti dalam mengadakan pekan kreativitas mahasiswa juga merupakan penerapan dari sila ini. Karena adanya pekan kreativitas mahasiswa, memudahkan para mahasiswa dalam menyampaikan gagasan tertulis (PKM GT) maupun gagasan dalam berwirausaha. Ini menunjukan adanya unsur kebijaksanaan perwakilan, atau kebijaksanaan pemerintah dalam menjembatani mahasiswa untuk penyampaian gagasan.
Sila ke 5 : keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Dalam point ini adalah dengan adanya keadilan atau konsep kesamarataan perguruan negeri dalam memberi pelayanan. Juga dengan adanya program bidik misi memudahkan siswa dalam menempuh pendidikan tinggi. Adanya program subsidi silang(program mandiri) juga memungkinkan adanya penyamarataan dalam fasilitas pendidikan. Adanya selusin peraturan dan ketentuan dalam perguruan tinggi juga merupakan aplikasi dari sila ke 5 ini.\

No comments :

Post a Comment