Sunday 31 January 2016

Menulis untuk investasi.



Menulis untuk investasi.
Dalam tulisan ini saya mencoba mengenang lagi masa masa dimana saya masih bersekolah di SMA. Memang pada waktu itu saya sekolah sebagai anak yang biasa di sekolah dalam hal prestasi akademik. Mas SMA saya lalui dengan senang dan ceria seperti anak anak kebanyakan. Tetapi yang membedakan dari anak lain adalah hobi saya. Yaitu menulis dan menggambar. ternyata kesenangan yang saya tekuni sejak  sekolah dasar ini membawa dampak positif bagi saya, baik itu dalam bidang menggambar dan menulis. Dalam bidang menggambar saya bisa mendapatkan income/pemasukan per bulan 500.000. lumayan untuk anak seusia saya. Itupun belum ditambah tambahan uang saku dari ayah yang bisa mencapai 700.000, karena membantu ayah dalam bisnis dekorasi dan souvenir miliknya. Alhamdullilah saya sangat bahagia sekali mengenal ayah yang mendukung hobi positif saya.
     
 Tapi kali ini saya tidak membahas tentang menggambar, tetapi saya akan membahas tentang menulis. Menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh manusia, karena sebagai sumber komunikasi dan informasi. Menulis juga dapat menghasilkan uang. Seperti yang dilakukan oleh teman teman blogger, ataupun penulis lain. Hal inilah yang secara tidak langsung memberikan manfaat untuk saya. Karena dulu saya juga mendapat rejeki dari hasil menulis. Dan pengalaman yang paling menyelamatkan adalah ketika kita akan melamar pekerjaan ataupun mendapat tugas menulis essay, ini tentu sangat membantu.
  
  Mengapa disini saya tulis menulis adalah investasi?. Karena dengan kita rajin menulis secara konsisten, minimal kemampuan bahasa akan terus menerus membaik. Juga ini berfungsi jika kita ingin menulis surat/email resmi untuk dosen atau untuk tempat kita melamar kerja. Karena dari pengamatan yang saya lakukan, banyak orang yang ahli dalam bidang tertentu tapi malas/ kurang cakap dalam keahlian menulis. Sehingga agak kesulitan dalam mencari pekerjaan.
    
    Lalu apa bentuk investasi dalam menulis?. Jika anda suka dengan tulisan yang sifatnya ringan seperti opini,puisi,cerpen maupun pengalaman pribadi, anda dapat membuat blog untuk mempublikasikan tulisan anda, seperti yang saya lakukan. Atau jika anda suka menulis dan tulisan itu bersifat ilmiah, maka anda disarankan untuk membuat jurnal, atau bisa menyetor/menjual tulisan ilmiah anda ke orang yang membutuhkan. Tulisan ilmiah akan lebih dihargai mahal daripada tulisan yang bersifat ringan. Dan jika anda lakukan hal tersebut dalam jangka 1 tahun saja secara konsisten, maka akan terlihat hasilnya. Ya memang saya akui jika hanya belajar kemampuan menulis saja tidak dibarengi dengan kemampuan lain maka akan kurang efisien dalam mendapat penghasilan ataupun pekerjaan.
  
   Kemampuan menulis juga bisa menghindarkan kita dari kekalahan persaingan dalam globalisasi. Ini bisa kita lakukan jika kita mampu menulis dalam bahasa asing. Sekian info dairi saya. Maaf jika lama tidak posting. Karena kesibukan bekerja.
By ali corbanims
    



No comments :

Post a Comment