Wednesday 6 April 2016

tips mudah menulis geguritan

                                                    cara mudah menulis geguritan

tips ini saya dapatkan ketika saya bertemu dengan guru saya yang baik hati, di smp, OM DANIS, itu julukan dari grup musikalisasi geguritan. ya memang saya suka geguritan sejak kelas 1 SD. dan sudah dapat juara waktu kelas 3 SD. namun, saya bertemu pelatih yang pro/ahli pada saat saya duduk di bangku kelas 2 SMP. ya pak Danis Tirta. guru bahasa jawa sekaligus pelatih geguritan di SMP. ini dia tips dari pak Danis Tirta.

suka berbicara dengan logat krama alus/bahasa jawa halus
ini menurut saya tips paling aplikatif yang biasa dapat diterapkan. karena dengan membiasakan diri dengan berbicara bahasa jawa krama alus maupun krama inggil. akan memperbanyak perbendaharaan kata. ini sangat mudah di lakukan bagi yang berdomisili di jawa. jika

sering sering buka pepak bahasa jawa
ini juga efektif bagi yang tidak tahu bahasa jawa sama sekali. terutama tipikal orang yang tidak pandai atau tidak berani dalam berbicara

sering latihan menulis geguritan
ini bagi yang sudah agak ahli bisa lakukan tips ini

minta tutorial pada teman
ini juga bisa dilakukan. dengan meminta bantuan teman untuk mengajari cara membuat geguritan. maka dalam pemilihan kata/diksi akan semakin matang. dan kelebihan dari tips ini adalah kita bisa tahu ciri teman kita dalam menulis geguritan

makan gorengan dan minum es
melihat tips yang satu ini anda akan bingung. tapi ini benar terjadi. jadi pada waktu itu saya sedang suntuk dan buntu/ tidak ada inspirasi untuk menulis geguritan. lalu pak Danis datang dan memberikan es dan gorengan, biar nggak suntuk katanya. terimakasih pak Danis. intinya adalah waktu menulis lebih baik ditemani cemilan ataupun soft drink untuk sekedar melepas penat.

tips pamunkas. pejamkan mata dan bayangkan
tips ini dilakukan dengan duduk bersila kemudian kita membayangkan tema kita. membayangkan kita adalah sosok yang akan menceritakan atau bahkan mengalami hal yang sesuai dengan tema ataupun judul yang telah kita pilih. ini merupakan trik jitu. dengan duduk bersila, memejamkan mata, merasakan ketenangan, lalu membayangkan kita seperti yang ada di tema. itu merupakan trik paling jitu. karena kita memakai trik itu kita menjadi juara 1 di kompetisi geguritan.

ok cukup sekian tips agak gak penting. tapi semoga bermanfaat. karena saya disini hanya ingin berbagi.

by ali corbanims

No comments :

Post a Comment