Tuesday 31 May 2016

wawasan nusantara dan ketahanan nasional

                                                   Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional

Wawasan nusantara sendiri berarti pengetahuan warga negara Indonesia tentang bentang alam, sosial kemasyarakatan, pemerintahan dan peraturan yang secara keseluruhan ada di indonesia. Pembelajaran wawasan nusantara dimulai pada anak usia 7 sampai 8 tahun dalam bobot mata pelajaran sebagai muatan wajib. Pembelajaran wawasan nusantara juga sangat penting bagi keberadaan masyarakat. Dan eksistensi sebuah negara. Karena selain memperkenalkan batas negara, juga diperkenalkan bagaimana cara untuk menjadi warga Indonesia yang baik dan benar, tanpa meninggakan satupun norma di dalamnya seperti norma hukum,adat,sosial dan sebagainya.

Hubungan antara wawasan nusantara dengan ketahanan nasional

Jika seseorang tidak tahu menahu identitas negaranya maka besar kemungkinan orang tersebut tidak akan mampu dalam mengatasi problema yang ada di dalam negaranya. Dalam hal ini Indonesia. wawasan nusantara Yang tidak ternegtanam pada seseorang juga memungkinkan orang tersebut akan menjadi teroris dan mengancam kedaulatan NKRI. Maka dari dampak pentingnya wawsan nusantara untuk ditanamkan pead seluruh masyarakat Indonesia, maka pemerintah selalu menekankan bahwa pendidikan pancasila harus tetap ada, sampai perguruan tinggi. Kurangnya wawasan nusantar di masyarakat juga akan berdampak pada rusaknya moral generasi muda. Karena unsur dan sendi kehidupan tidak dilandasi pancasila. Dalam elemen pemerintahan kurangnya wawasan nusantara akan berdampak pada penjualan aset bangsa oleh pemerintah, aset meliputi hutan,pulau hasil tambang, hasil laut, pertanian bahkan sumber daya manusia akan dijual oleh pemerintah yang tidak memiliki wawasan nusantara. Seperti sekarang marak terjadinya reklamasi, TKW di hukum mati, dan kasus papa minta saham dan ini akan sangat membahayakan ketahanan nasional. Karena secara tidak langsung  negara kita dirampas oleh pihak asing. Bagi elemen mahasiswa sendiri, wawasan nusantara perlu ditanamkan, agar ilmu yang di dapat akan memajukan bangsa dan secara tidak langsung ketahanan nasional juga bertambah


  les privat biologi surabaya
cuma bantu teman yang ingin kerja :  menerima kursus biologi untuk SD dan SMP. khusus daerah surabaya.  kursus ini berupa kursus prifat, dan guru les/kursus  datang langsung ke tempat. untuk tarif yaitu 30 ribu / Idr 30k. untuk sekali datang. jadwal kosong mengajar  :
rabu jam:  16.00-19.00
kamis jam : 16.00-19.00
jumat  : sehabis sholat jum'at /13.00-16.00
sabtu jam :08.00-11.00
mohon bagi anda yang berminat silahkan sms nomor telpon :
0896-8951-6164. mohon sms di nomer berikut. terima kasih 


No comments :

Post a Comment