Thursday 2 June 2016

fakta tentang keong emas



FAKTA TENTANG KEONG EMAS

Keong emas dikenal sebagai kol, dalam bahasa jawa. Penyeberanyanya hampir rata di seluruh nusantara, bahkan sudah mencapai asia tenggara. Selain memiliki potensi sebagai pembawa inang penyakit. Keong emas juga dikenal luas sebagai hama tanaman. Tanaman seperti padi maupun tanaman lain. Bebrapa vase virus dan cacing ada di keong ini. Seperti pada fase cacining muda. Walaupun pada fase cacing tersebut sering tidak berbahaya. Tetapi untuk jaga jaga, apabila masyarakat ingin memakan jenis dari keong emas, untuk memasaknya secara matang. Karena untuk menghindari dari penyebaran vektor penyakit yang mungkin di bawa oleh keong ini

morfologi keong emas.
Keong emas merupakan hewan yang hanya dapat hidup di air, karena keong emas tidak memiliki lendir untuk berjalan di darat. Keong emas merupakan jenis hewan molusca. Yaitu hewan dengan tubuh yang lunak, dan dilindungi oleh cangkang yang keras. Bila kita memperhatikan sevara seksama, ternyata keong emas juga mempunyai sepasang anten seperti bekicot, dan juga kaki renang seperti kerang. Telur daripada molusca ini berwarna merah muda, dan berkumpul dalam satu tempat/berkelompok. Besar daripada keong emas ini dapat mencapai a1 genggaman manusia. Cangkang dari hewan ini dilapisi oleh lumut yang membuat dia dapat berkamuflase dari predator utamanya, yaitu bangau.

pemanfaatan keong emas  dalam pakan ternak
Kandungan protein dari keong emas cukup besar. Maka dari itu keong emas sering dimanfaatkan sebagai campuran pakan ikan dan pakan bebek. Cara mengolah pakan ini yaitu dengan cara memecahkan cangkang dari keong ini. Kemudian pilah cangkang dan dagingnya. Lalu  mengiris kecil kecil daging keong ini. Terakhir campurkan pakan itu ke pakan ikan atau pakan bebek. Ini dapat meningkatkan  bobot dari ikan, dan bebek. Juga meningkatkan produksi telur dari bebek tersebut.

pemanfaatan keong emas sebagai alternatif pangan.
Masyarakat sering memanfaatkan keong mas sebagai pangan, ada beberapa jenis menu yang digunangkan dalam mengolah keong emas diantaranya keong mas rica rica, sate keong mas,gule keong mas, keong mas bumbu kuning, keong mas soft potato dan lain sebagainya. Sumber protein ini juga sangat enak rasanya. Namun hal yang perlu diketahui adalah cara memasak keong emas. Pertama harus direbus untuk menyeterilkan mikroba yang ada di dalamnya. Kemudian ketika akan mengolahnya kita harus memisahkan kotoranya. Dan mencucinya dengan air matang. Kemudian baru dimasak lagi sesuai  keinginan anda. Ini agar kita terhindar dari vektor penyakit dan mikroba yang timbul akibat lingkungan tempat hidupnya yang kotor.


 les privat biologi surabaya

cuma bantu teman yang ingin kerja :  menerima kursus biologi untuk SD dan SMP. khusus daerah surabaya.  kursus ini berupa kursus prifat, dan guru les/kursus  datang langsung ke tempat. untuk tarif yaitu 30 ribu / Idr 30k. untuk sekali datang. jadwal kosong mengajar  :
rabu jam:  16.00-19.00
kamis jam : 16.00-19.00
jumat  : sehabis sholat jum'at /13.00-16.00
sabtu jam :08.00-11.00
mohon bagi anda yang berminat silahkan sms nomor telpon :
0896-8951-6164. mohon sms di nomer berikut. terima kasih

No comments :

Post a Comment