Tuesday 29 November 2016

penyebab warna orange pada wortel

 PENYEBAB WARNA ORANGE PADA WORTEL

Warna orange pada wortel disebabkan adanya pigmen yang menonjol yang dapat memproduksi warna kuning maupun orange pada tanaman wortel. Pigmen ini disebut pigmen karotenoid. Salah satu contoh pigmen ini adalah beta karoten. Karotenoid termasuk dalam tetraterpenoid, suatu senyawa rantai panjang dengan 40 atom karbon, yang dibentuk dari Secara struktural, karotenoid berbentuk rantai hidrokarbon poliena yang kadang-kadang di bagian ujungnya terdapat gugus cincin dan mungkin memiliki atom oksigen. Namanya berasal dari kata carotene yang ditambah sufiks -oid, dan berarti "senyawa-senyawa sekelompok atau mirip dengan karotena".

 Kami melayani dengan cepat, tepat dan juga jelas... tidak perlu ragu untuk memakai jasa kami.. karena kami bekerja dengan jujur dan transparan... wilayah cakupan kami meliputi   JAWA TIMUR.. Nomor telpon : 082141107377

Karotenoid dengan molekul yang mengandung oksigen, seperti lutein dan zeaxantin, dikenal sebagai xantofil sedangkan karotenoid yang tidak mengandung oksigen seperti α-karotena, β-karotena, dan likopena dikenal sebagai karotena. Karotena hanya mengandung karbon dan hidrogen (hidrokarbon), dan merupakan hidrokarbon tak jenuh karena memiliki ikatan rangkap di antara dua atom karbon.
Warna yang dihasilkan karotenoid beragam, mulai dari kuning pucat, jingga terang, sampai merah tua, yang secara langsung terkait dengan struktur kimia masing-masing. Xantofil umumnya menghasilkan warna kuning, sesuai dengan nama kelas yang diberikan (bahasa Yunani Kuna xanthos, berarti "kuning"). Warna terjadi karena atom-atom karbon ikatan rangkap berinteraksi satu sama lain dalam proses yang disebut konjugasi, yang memungkinkan elektron dalam molekul untuk bergerak bebas akibat terjadinya resonansi ikatan rangkap. Seiring dengan peningkatan jumlah ikatan rangkap, elektron-elektron yang terkait dengan sistem terkonjugasi memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak, dan membutuhkan energi lebih sedikit untuk mengubah strukturnya. Hal ini menyebabkan penurunan energi cahaya yang diserap oleh molekul. Semakin tinggi frekuensi cahaya yang diserap dari ujung pendek spektrum yang terlihat, akan menghasilkan penampilan senyawa
Sedangkan jenis karotenoid yang menjadi penyebaba warna orange pada wortel adalah beta karoten. Dan pemberian nama pigmen karooten ini juga berasal dari kata wortel (carrot) sehingga dinamakan pigmen carroten. Pengaruh cahaya juga memiliki peran yang cukup besar dalam membuat warna orange wortel menjadi orange. Panjang gelombang yang sesuai untuk perkembangan wortel adalah 500-620 panjang gelombang. Dikarenakan bila panjang gelombang melebihi itu maka yang terjadi adalah adanya perubahan dominasi pigmen. Seperti yang terjadi apabila panjang gelombang 700 panjang gelombang, maka wortel akan berwarna hijau. Dikarenakan pada panjang gelombang ini pigmen karoten tidak aktif, dan dominasi pigmen ini diganti dengan pigmen hijau daun.

No comments :

Post a Comment