Monday 12 December 2016

eksperimen sosial 1 hari tanpa gadget

                                          eksperimen sosial satu hari tanpa gadget dan sosmed
                                           oleh : haidar ali  @lihaidar


paradigma anak muda jaman sekarang adalah no gadget no life, padahal jika kita perhatikan, dunia maya lebih banyak menyebabkan perselisihan, yang akhirnya terbawa pada dunia nyata. sosmed juga banyak dituding menjadi penyebab manusia era modern menjadi lebih terikat, dengan gadget. walaupun sosmed juga berperan sebagai sumber informasi. gadget dalam hal ini menjadi perantara utama dalam perkembangan macam macam sosmed, seperti line, whatsapp, twitter,bbm, facebook, kakao talk, instagram, snapchat, dan lain sebagainya.

 kali ini saya akan melakukan sebuah percobaan sederhana,(saya bukan profesional) mengenai bagaimana apabila seseorang tidak memakai gadget dalam satu hari, tiga hari, satu minggu ,dua minggu, 3 minggu dan 1 bulan. untuk menggntikan gadget. saya memilih hp murah berharga 50 ribu yang hanya mendukung fitur sms dan telpon. juga game klasik. bukan hanya itu. segela sosmed sengaja tidak saya akses selama masa percobaan. termasuk blog ini.

percobaan 1 hari tanpa gadget

dan pada percobaan yang pertama saya melakukan percobaan tanpa gadget dan sosmed saya merasa jenuh, seperti tidak ada hiburan lain selain game house di laptop. setelah bosan main game. saya pergi ke luar rumah untuk berjalan jalan. dan saya menemui pemandangan yang menurut saya sudah banyak terjadi. ya, sebagian kecil orang di sekitar, lebih sibuk dengan gadget mereka. bisa dibilang sekitar 10%  dari orang yang saya temui. lalu saya mencoba berkendara ke pusat perbelanjaan di kota surabaya

dan bisa diduga sebelumnya, sekitar 60 % remaja yang saya temui menggunakan gadget mereka dan lebih fokus kepada gadget dari pada apa yang ada di sekitar mereka. selain itu, selfie menjadi agenda utama saat mereka nongkrong di tempat yang lumayan berkelas. tempat dengan tulisan free wifi lebih ramai di area mall tersebut. saya yang sedari tadi hanya ditemani pensil dan kertas cuman bisa diam


parahnya lagi, saat saya bertemu teman saya di mall tersebut, saya sengaja diam dan duduk di sebelahnya hampir 30 menit. dan dia tidak menyangka akan keberadaan saya. baru setelah itu dia sadar dan kaget saya duduk di sebelahnya.
ok itulah eksperimen saya di 1 hari tanpa gadged dan sosmed. tunggu eksperimen berikutnya



No comments :

Post a Comment