Saturday 18 June 2016

arti hukum progresif



ARTI HUKUM PROGRESIF

Hukum progresif berarti hukum yang mengikuti atau berjalan sesuai dengan perkembangan suatu bangsa.  Dan dari proses proses panjang observasi yang mengedepankan pengetahuan dan adanya keilmuan maupun disiplin ilmu yang terbaru, sehingga menjadikan  hukum yang dibuat sesuai dengan perkembangan jaman ataupun sesuai dengan kejadian yang terjadi di era tersebut. Hukum secara progresif bisa juga diartikan sebagai  proses  berkembangnya suatu hukum sebagai akibat dari seluruh aspek dan prespektif berpikir. Meliputi olah cipta karsa dan karya dari manusia yang sesuai dengan nilai nilai kemanusiaan

            Dalam perkembangan hukum dibagi menjadi 2 yaitu perkembangan primer dan perkembangan sekunder. Perkembangan primer adalah perkembangan hukum yang mencakup perkembangan hukum yang mengatur atau terciptanya hukum hukum baru yang sesuai dengan keadaan masyarakat. Biasanya aturan baru yang muncul karena adanya aturan baru dan kasus kasus baru. Hukum primer juga termasuk didalamnya adalah tata aturan yang benar benar berbeda dari tata aturan sebelumnya. Jadi perubahan yang terlihat merupakan perubahan yang benar benar mendasar. Contoh dari hukum primer sendiri adalah munculnya perda atau peraturan daerah yang baru. Munculnya UU yang baru, dan amandemen yang dilakukan terhadap UUD 1945.

        Sementara perkembangan sekunder adalah perkembangan hukum yang didalamnya terdapat perubahan perubahan kecil atau umum. Dan perubahan ini biasanya tidak memunculkan aturan baru, melainkan hanya berwujud koreksi dari aturan aturan yang lama. Tata aturan yang dirubah juga bukan sesuatu yang genting atau darurat. Melainkan perkembangan dari kejadian atau kasus yang terjadi di masa sekarang. Dan tipe perkembangan ini lebih mengarah kepada pengadaptasian daripada pada perubahan itu sendiri

          Dampak dari perkembangan hukum atau hukum secara progresif sendiri adalah terciptanya hukum yang sesuai dengan masyarakat yang hidup dalam era tersebut. Dan tidak memberikan celah hukum bagi seluruh tindak pidana atau tindakan yang melanggar hukum. Juga memungkinkan kemajuan teknologi masuk dan terkontrol dengan mudah, dikarenakan hukum yang berlaku selalu dapat mendukung serta mengawasi perkembangan teknologi yang ada. Hukum secara progresif juga berperan dalam menanggulangi  kejahatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, dikarenakan pelanggaran yang dilakukan sudah ada hukumnya. Juga memudahkan kita dalam menjalani kehidupan di era sekarang. Dan yang terpenting mampu adil di seluruh lapisan masyarakat.
  
 les inggris surabaya
cuma bantu teman yang ingin kerja :  menerima kursus bahasa inggris untuk SD dan SMP. khusus daerah surabaya.  kursus ini berupa kursus prifat, dan guru les/kursus  datang langsung ke tempat. untuk tarif yaitu 30 ribu / Idr 30k. untuk sekali datang. jadwal kosong mengajar  :
rabu jam:  16.00-19.00
kamis jam : 16.00-19.00
jumat  : sehabis sholat jum'at /13.00-16.00
sabtu jam :08.00-11.00
mohon bagi anda yang berminat silahkan sms nomor telpon
 0896-8951-6164. mohon sms di nomer berikut. terima kasih

No comments :

Post a Comment